top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

7 Informasi Penting Ini Harus Tercantum di Label Kemasan

Apakah WUMates memiliki usaha di bidang makanan dan minuman? Jika iya, maka kamu perlu tau informasi apa saja yang harus diberikan pada label kemasan produkmu. Nah, kali ini kami ingin membagikan 8 informasi penting yang wajib ada pada label produk. Supaya WUMates bisa memasarkannya dengan lebih lancar tentunya.

Apa saja yang harus dicantumkan pada label kemasan?

Pada artikel sebelumnya, WUMates sudah tau tentang pentingnya label. Nah, kali ini kamu harus tau beberapa informasi penting yang harus ada pada label tersebut. Berikut ulasannya.

Nama Produk

Informasi pertama yang harus WUMates berikan ialah nama produk. Hal tersebut untuk memudahkan pelanggan mengenali produkmu. Apakah sama dengan nama perusahaan atau produsen? Tentu berbeda, WUMates.

Bisnismu bisa saja memproduksi beberapa produk, kan? Nah karena adanya varian produk yang dibuat, maka diperlukan nama produk untuk mengenalinya. Nama produk ini juga yang menjadi pembeda produkmu dengan produk lain yang serupa.

Keterangan Produsen

Selanjutnya informasi mengenai produsen atau importir merupakan hal penting yang harus disampaikan. Tujuan dari mencantumkan nama produsen atau importir ialah agar pelanggan merasa aman dan nyaman untuk mengkonsumsi produk tersebut.

Isi atau Berat Produk dalam Kemasan

Informasi ini penting dicantumkan pada produk makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan, dan lain-lain. WUMates pasti pernah melihat tulisan “500g” pada label kemasan produk bubuk kopi.  Berikut informasi satuan untuk kategori produkmu.

  1. Produk padat ditulis dengan santuan miligram (mg), gram (g), kilogram (kg)

  2. Produk cair ditulis dengan satuan mililiter (ml), liter (L)

  3. Produk semi padatditulis dengan satuan miligram (mg), gram (g), kilogram (kg), mililiter (ml), liter (L)

Lisensi sesuai syarat yang berlaku

Syarat seperti apakah yang dimaksud? Untuk produk makanan dan minuman, lisensi halal sangat diperlukan. Terutama jika produknya merupakan kategori impor. Sedangkan untuk produk kecantikan, biasanya ada lisensi free animal-testing. Artinya, produk tersebut diformulasi tanpa melalui uji pada hewan.

Kode Produksi dan Kadaluarsa

Nah, informasi ini perlu disampaikan untuk segala jenis produk. Mulai dari produk pangan olahan, minuman, kosmetik, farmasi, hingga tinta printer. Dengan adanya kode ini, pelanggan bisa berhati-hati dalam menggunakan produknya. Membuangnya jika sudah lewat tanggal kadaluarsa, misalnya.

Keterangan Ijin Edar

Informasi ini ada di setiap produk makanan dan minuman. WUMates pasti sering menemukan tulisan nomor seri BPOM pada kemasan makanan ringan, kan? Untuk produk pangan yang diproduksi oleh indutri rumah tangga, ada kode bertuliskan P-IRT diikuti nomor seri.

Adanya nomor ijin edar ini sangat penting. Dengan mencantumkan nomor edar ini pada label kemasan, pelanggan WUMates bisa merasa tenang dalam mengkonsumsi produk yang kamu pasarkan.

Komposisi bahan

Nah, ini juga tak kalah penting. Wajib cantumkan informasi komposisi bahan ini pada kemasan produkmu. Terutama untuk pangan olahan yang melalui proses khusus. Produk apa saja yang hendaknya mencantumkan info ini? Makanan, minuman, kosmetik, obat-obatan, dan sebagainya. Saat ini sudah banyak produk yang memberikan info komposisi bahan pada label  produknya.

Apakah termasuk untuk produk pangan industri rumah tangga?

Benar, WUMates. Justru untuk produk pangan yang diproduksi oleh industri rumah tangga harus mencantumkan informasi di atas pada label produknya. Hal tersebut sudah menjadi regulasi yang telah ditentukan.

Selain itu, pastikan juga label pada kemasan produkmu tidak mudah rusak ya! Misalnya stikernya rusak ketika terkena air, mudah sobek, atau kualitas cetaknya tidak maksimal. Nah, bicara soal label kemasan, kami mau undang WUMates menghadiri event di bulan ini.

Untuk pelaku UMKM dan UKM, kamu bisa hadir. Karena event kolaborasi dengan Epson Indonesia ini kami buat khusus untuk diskusi bareng kalian seputar pelabelan produk. Registrasi dulu yaa ke bit.ly/LabelSolutionsWU

2 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page