top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Apakah Mesin Printer Kain Bisa Cetak di Media Katun?

Pernahkah WUMates berpikir jika mesin printer kain bisa cetak di media katun?

Yup. Pasti banyak di antara WUMates yang penasaran. Bisa gak sih menggunakan media katun kalau pakai printer sublim kain? Nah, biar makin jelas infonya simak ulasan berikut!

Sebelum berbicara lebih lanjut, kembali kita informasikan mengenai sublimasi ya!

Proses Sublimasi dengan Mesin Printer Kain

Sublimasi adalah salah satu teknik printing ke kain dengan menggunakan metode transfer panas. Jadi, diawali dengan sebuah desain yang dicetak ke transfer paper. Kemudian kertas ini disatukan denga kain yang akan dipanaskan menggunakan heat press atau mesin pemanas. Tinta yang digunakan akan berubah menjadi gas saat berada di bawah suhu panas tertentu dan secara permanen berpindah ke kain. Nah, suhu panas tersebut akan membuka pori-pori dari kain dan membuat tinta meresap.

Metode sublimasi ini merupakan teknik printing yang efektif sehingga populer digunakan untuk desain warna yang detail. Tak hanya itu, menggunakan teknik sublimasi ini disarankan menggunakan kain kandungan polyester. Semakin banyak kandungan polyester, semakin bagus hasilnya.

Nah, sampai di sini sudah paham, kan? Namun, mari kita kembali sesuai topik yang akan kita bahas, yakni apakah teknik sublimasi bisa dicetak pada media katun?

Pertanyaan ini akan sering muncul pada WUMates yang memiliki bisnis sublimasi tentunya ingin dengan satu printer dapat digunakan pada semua jenis kain, benar?

Apa bisa dicetak pada media katun?

Sebenarnya mesin printer kain ini memang akan memberikan hasil lebih maksimal pada kain yang mengandung polyester seperti jersey, scuba, atau satin. Hal ini terjadi karena tinta yang digunakan mesin sublimasi merupakan tinta dye-sublimation yang dikhusukan untuk kain dengan kandungan polyester. WUMates bisa saja mencobanya di media katun. Namun, hasilnya akan jauh dari maksimal karena tinta tidak meresap pada kain.

Jika demikian, harus menggunakan mesin printer kain yang mana?

Umumnya, printer sublimasi tidak bisa digunakan pada media katun. Mengapa? Karena tinta sublimasi bekerja dengan maksimal pada kain dengan kandungan polyester. Baik itu 100% polyester maupun campuran. Jika campuran pun, WUMates harus memilih yang komposisi kandungan polyesternya lebih banyak. Dengan begitu, kualitas hasilnya akan sangat maksimal.

Salah satu kain dengan komposisi polyester lebih tinggi ialah jenis teteron cotton (TC). Ya, kain ini merupakan jenis campuran katun dan polyester. Komposisinya adalah 65% polyester dan 35% katun. Jika kain ini yang digunakan, maka WUMates bisa menggunakan printer sublimasi, seperti EPSON SureColor SC-F530, SC-F531, SC-F6330, dan lainnya.

Untuk mengetahui komposisi kainnya, WUMates bisa menanyakan pada penjual kain. Jelaskan kebutuhanmu pada mereka. Misalnya untuk keperluan produksi kaos sablon maupun jersey. Dengan begitu, WUMates bia menemukan padanan kain yang pas. Kualitas hasil cetak printer sublimasi bisa lebih maksimal, sehingga meningkatkan kualitas produk juga.

Lalu, harus memilih yang mana agar bisa dicetak ke media katun?

Nah, untuk masalah ini kami kembalikan ke WUMates lagi. Jika WUMates seringkali menggunakan media cetak polyester, sebaiknya memang membeli mesin sublim kain berserta alat pemanasnya. Sebaliknya pula jika WUMates lebih banyak menggunakan media cetak katun, bisa memilih printer DTG.

Printer yang digunakan untuk media katun ini memiliki beberapa tahap dalam mencetaknya. Mulai dari coating, steam, hingga wash (pencucian) dengan mesinnya masing-masing. Tentunya membutuhkan beberapa alat untuk menjadikan hasil cetak yang maksimal pada media katun.

Namun, WUMates tak perlu khawatir karena bisa langsung konsultasikan kebutuhan printer sublim kain yang diinginkan kepada kami. Jadi, jangan segan untuk bertanya dan menghubungi tim Wujud Unggul ya.

1 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page