top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Grando DTF UV dan Bedanya dengan UV Flatbed Pada Umumnya

Diperbarui: 3 Jul 2023

Printer DTF UV sama dengan printer UV? Atau sama dengan printer DTF?

Banyaknya jenis mesin cetak pasti membuat WUMates bingung. Benar, bukan? Apalagi bagi WUMates yang sedang merancang bisnis atau sebagai pemula. Tenang saja. Kali ini jenis-jenis printer ini akan kami bahas. Yuk, simak penjelasan berikut.

Printer DTF

Biar lebih mudah, mari pahami printer DTF terlebih dahulu. Sebenarnya semua jenis printer dibedakan dari metode pencetakan. Untuk printer DTF ini menggunakan metode sablon denga tinta khusus untuk transfer gambar pada kertas film dengan bantuan lem powder. Bubuk lem ini berfungsi sebagai perekat gambar pada media yang digunakan.

Metode Direct to Film ini tak hanya digunakan untuk custom satu jenis kain saja. WUMates bisa gunakan untuk kebutuhan custom kaos dari berbagai jenis kain. Contohnya kaos cotton bamboo, kanvas, polyester dan jenis kain lainnya. Dengan catatan media cetak yang digunakan tahan terhadap panas. Lebih banyak ditujukan untuk bidang sablon.

Printer UV

Sesuai namanya. Printer UV ini menggunakan metode sinar Ultraviolet dalam mencetak desain yang WUMates inginkan. Dengan menggunakan tinta khusus, proses pengeringan printer ini lebih cepat ketimbang printer jenis lain. Selain itu, hasil cetaknya memiliki daya tahan yang kuat serta berefek timbul.

Printer jenis ini juga menggunakan metode yang paling hemat biaya. Alasannya ialah karena tak seperti printer ecosolvent, printer ini tak memerlukan set pemanas. Pengeringan tinta telah dibantu oleh sinar UV dan sifatnya yang menempel pada bahan. Karena apabila tinta menyerap pada bahan, maka perlu waktu untuk pengeringan.

Kemampuan untuk transfer gambar ke semua permukaan seperti akrilik, kayu, serta bahan kulit bisa menjadi bahan pertimbangan WUMates. Variasi medianya lebih banyak jika dibandingkan dengan ecosolvent. Selanjutnya, mari kembali fokus ke printer seri UV dan teknologi barunya.

Printer DTF UV

Untuk printer DTF UV ini bisa dibilang perpaduan antara printer DTF dan UV. Bagaimana bisa? Metode yang digunakan printer jenis ini sama halnya dengan printer UV, yakni dengan sinar ultraviolet. Dengan mesin seperti printer direct to film, printer DTF UV ini biasanya disebut mesin cetak tanpa tepung atau mesin cetak sticker warna.

Jika WUMates pasti akrab dengan stiker. Nah, gambaran hasil cetak dan cara pengaplikasian DTF UV ini mirip dengan stiker. Bedanya hanya metode printing menggunakan sinar ultraviolet serta hasil cetak timbul. Selain itu, printer ini juga cocok untuk cetak custom barang yang tidak memiliki permukaan datar. Contohnya tumbler yang memiliki lekuk bentuk, atau benda permukaan tak datar lain.

Sama halnya dengan printer UV, mesin cetak ini mempunyai kualitas yang mengagumkan. Dengan hasil cetak glossy, membuat detail gambar yang dihasilkan makin mempesona. Nah untuk hasil cetak DTF UV terbaik, Wujud Unggul rekomendasikan printer Grando GD6042 UV. Mesin DTF UV Grando ini merupakan mesin DTF UV pertama di Indonesia yang memiliki kualitas yang mumpuni untuk menunjang bisnis WUMates.

dtf uv

Unit Grando GD6042UV untuk support bisnis merchandise kekinian

Grando GD6042 UV ini merupakan tipe UV flatbed dengan teknologi double printhead EPSON I1600-U1 yang memiliki ketajaman warna. Dilengkapi warna cyan, magenta, yellow, black, white dan varnish. Warna varnish inilah yang membuat hasil cetak telihat kilap. Sehingga hasil cetak tampil layaknya premium product ketika diaplikasikan.

Kerennya lagi, printer DTF UV Grando ini mudah dalam produksinya. WUMates bisa menambahkan mesin laminasi sebagai penunjang. Selebihnya cukup cetak, rekatkan ke media, kemudian kelupas transfer film. Produk WUMates siap dipasarkan!

Apakah Grando DTF UV Sudah Pasti BEDA dengan UV Flatbed Pada Umumnya?

Berdasarkan penjelasan di atas, jawabannya “Ya, berbeda.” Mulai dari teknik cetak, jenis tinta, media cetaknya, hingga aplikasinya. Teknik cetak Grando DTF UV sama seperti sablon direct transfer film, yaitu memanfaatkan PET film. Namun bedanya, tak perlu pemanas. Melainkan proses laminasi. Sedangkan printer UV flatbed biasa bisa mencetak ke beragam jenis media.

Apakah printer DTF UV lebih baik dari printer jenis lain? Jawabnya tergantung bisnis apa yang akan WUMates pilih ke depannya. Dengan begitu, kebutuhan bisnismu juga akan terlihat. Jadi lebih mudah menentukan mesin apa saja yang WUMates butuhkan.

Makin penasaran detail tentang printer DTF UV milik Grando ini? Langsung saja tak perlu sungkan untuk hubungi product specialist dari Wujud Unggul. Konsultasikan kebutuhan bisnis WUMates agar kami bisa membantu printer mana yang cocok digunakan ya!


267 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page