top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Hindari Hal Ini untuk Menggaet Pelanggan Potensial

Halo, WU Mates! Pada ulasan sebelumnya, kami membagikan informasi tentang bagaimana membuat pelanggan bisa yakin membeli produk Anda. Salah satunya ialah melalui promosi yang konsisten, bukan? Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam melakukan promosi. Tujuannya tentu saja untuk mengurangi kemungkinan calon pelanggan Anda kabur.

Promosi ini bukan hanya seputar iklan saja. Mengunggah konten produk di media sosial juga merupakan cara promosi. Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari untuk lakukan agar pelanggan bisa merasa nyaman, yakin dan akhirnya melakukan pembelian. Apa saja yang perlu Anda hindari? Simak ulasan berikut ya!

Hindari memaksa pelanggan

Misalnya ketika ada calon pelanggan menghubungi setelah melihat unggahan instagram Anda. Yang sebaiknya Anda lakukan dalam hal ini adalah menggali kebutuhan calon pelanggan tersebut. Anda bisa menanyakan apa kebutuhannya setelah menjawab pertanyaan seputar produk Anda. Terlebih jika tanya-jawab ini berlangsung di kanal media sosial usaha Anda. Perlu diingat, di ranah digital seperti media sosial, calon pelanggan Anda butuh informasi lebih banyak karena mereka tidak bisa memeriksa sendiri kondisi serta kualitas produk. Dengan begitu, menjelaskan apa yang ingin mereka ketahui seputar produk Anda merupakan kewajiban sebagai penjual. Jangan memaksa pelanggan untuk langsung membeli produk Anda, ya!

Tidak mau menjelaskan produk dengan baik

Nah lho… Bagaimana bisa Anda mengharapkan pelanggan yakin untuk membeli produk tersebut jika Anda sebagai penjual tidak mau memberikan informasi produknya? Berbisnis di ranah digital proses transaksinya tidak sesingkat di ranah offline. Di mana pelanggan bisa datang langsung ke toko Anda dan menimbang kualitas produk apakah sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika cocok, maka pembelian dilakukan. Namun di ranah digital seperti media sosial atau marketplace, informasi yang calon pelanggan miliki terkait produk Anda terbatas. Deskripsi produk ada kalanya terbatas oleh jumlah karakter, misalnya. Untuk itu, Anda perlu siap sedia jika mereka membutuhkan informasi tambahan terkait produk yang Anda jual.

Jelaskan pada mereka menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah mereka mengerti ya, WU Mates! Menanyakan apakah ada lagi informasi yang mereka butuhkan seputar produk Anda juga merupakan langkah yang baik.

Follow up pelanggan tidak penting?

Apa sih follow up yang dimaksud? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alur transaksi jual-beli di ranah online sedikit lebih panjang. Ada kalanya calon pelanggan menghubungi Anda untuk menanyakan tentang produk. Namun setelah itu transaksi pembelian belum terjadi. Nah, inilah gunanya melakukan follow up pada pelanggan. Menanyakan kembali apakah calon pelanggan masih memiliki minat untuk membeli produk Anda atau apakah produk yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhannya bisa menjadi pelayanan terbaik yang bisa Anda berikan. Jadi hindari untuk melupakan langkah ini jika ingin pelanggan Anda yakin dan membeli produk.

Tidak ramah dalam melayani pelanggan

Pernah mendengar istilah “pembeli adalah raja?” Anda bisa menanamkan hal ini ketika menghadapi pertanyaan-pertanyaan calon pelanggan. Mereka berhak mengetahui informasi sebanyak yang mereka butuhkan dari Anda sebagai penjual. Untuk itu, berikan penjelasan yang sederhana dengan cara penyampaian yang baik. Dengan begitu, calon pelanggan akan merasa dihargai dan kebutuhannya akan informasi terpenuhi. Tidak ada yang lebih baik selain pelanggan yang puas terhadap pelayanan dan produk Anda, WU Mates!

Tidak bisa meyakinkan pelanggan

Untuk dapat meyakinkan calon pelanggan membeli produk Anda, maka hal penting yang perlu Anda lakukan ialah mengetahui kekurangan dan kelebihan produk Anda. Dengan begitu, pertanyaan apapun yang diajukan para pelanggan bisa ANda jawab dan sampaikan dengan baik. Jika Anda yakin dengan produk Anda, bukan tidak mungkin mereka mempertimbangkan membeli produk tersebut. Yakinkan mereka melalui kualitas produk serta pelayanan yang ramah dan informatif. Anda juga bisa mengajak mereka berdiskusi tentang kebutuhan serta bagaimana produk Anda bisa membantu mereka.

Sebisa mungkin hindari hal-hal di atas ya WU Mates. Berikan pelayanan terbaik Anda pada pelanggan.

Anda butuh informaasi lebih banyak seputar usaha digital sablon dan textile? Silakan menghubungi tim product specialist Wujud Unggul ya! Diskusikan kebutuhan bisnis Anda pada tim kami. Jangan ragu untuk menghubungi kami.

0 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page