top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Katakan Selamat Tinggal Pada Kebuntuan Tinta!

Bagi Anda yang menekuni dunia digital printing atau sablon, ketahanan mesin cetak Anda tentu menjadi hal yang harus diperhatikan. Banyak cara untuk merawat printer yang Anda miliki. Salah satu masalah yang paling sering muncul pada printer ialah perihal kebuntuan tinta. Hal ini tak hanya dialami oleh mesin cetak untuk printer office, namun juga mesin cetak digital printing atau sablon. Kali ini Wujud Unggul ingin berbagi cara merawat printer kepadda WU Mates. Simak ulasan di bawah ini ya!

Selalu jaga kebersihan printer

Cara pertama ini merupakan langkah yang penting. Jika Anda tidak membersihkan printer secara berkala, maka debu yang menempel ini bisa saja masuk ke sela mesin dan menyebabkan permasalahan. Debu yang menempel bisa merusak print head. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan printer adalah dengan menutupnya menggunakan kain sehingga terhindar dari debu yang menempel. Lakukan hal tersebut setiap kali selesai melakukan pekerjaan. Sedangkan untuk membersihkannya secara berkala, Anda bisa melakukannya sekali dalam seminggu.

Lakukan “clean head”

Tak hanya membersihkannya dari debu, Anda bisa melakukan perawatan dengan “clean headd” secara rutin. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari print head tersumbat dan tidak bisa menyedot tinta. Meski terdengar merepotkan, Anda tak perlu khawatir. Sudah banyak printer yang memiliki fitur pembersihan otomatis atau pun berupa notifikasi yang mengingatkan Anda untuk melakukan clean headd.

Langkah ini bisa Anda lakukan pada printer office yang dimodifikasi menjadi printer sublim misalnya. Seiring perkembangan teknologi, para produsen printer juga memikirkan permasalahan ini. Untuk itu, ada beberapa produsen yang menghadirkan fitur yang mempermudah pengguna dalam melakukan maintenance mesin cetak mereka.

Gunakan tinta yang direkomendasikan

Saat ini memang banyak printer office yang dimodifikasi sehingga bisa diisi dengan tinta sublimasi atau eco solvent. Ada pula mesin cetak khusus dengan tinta yang sudah dirancang sebagai pendukungnya. Jenis apapun yang Anda gunakan untuk produksi, sebaiknya gunakan tinta yang direkomendasikan. Karena jika tidak, hal tersebut bisa berdampak buruk pada printer kesayangan Anda.

Selain itu, penggunaan tinta orisinal atau yang sesuai bisa menunjang hasil cetak maksimal. Anda tentu tidak ingin usaha Anda menghasilkan produk yang kurang bagus hanya karena Anda tidak menggunakan tinta orisinal. Maka dari itu, hal ini juga sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Satu tips sederhana untuk Anda, hendaknya gunakan satu merek tinta saja. Mengapa? Karena formulasi tinta tiap merek berbeda dan hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas hasil cetak menjadi tidak prima.

Isi ulang tinta sebelum benar-benar habis

Hal ini juga tak boleh Anda lewatkan. Mengapa sih perihal tinta ini penting? Lupa melakukan cek ketersediaan tinta dan langsung mengoperasikan printer akan membuat mesin error. Dampaknya, hasil cetak menjadi kurang maksimal dan apabila ini sering terjadi maka printer akan cepat rusak. Anda tentunya ingin memiliki mesin produksi yang bisa bertahan lama, bukan? Dengan begitu kelangsungan bisnis Anda pun bisa terjamin.

Meskipun dalam printer edisi terbaru saat ini sudah dilengkapi sistem khusus yang bisa mengingatkan Anda jika tinta akan habis, namun melakukan pengecekan tentunya akan lebih baik. Terlebih lagi, mengisi tinta printer kini juga tak merepotkan. Inovasi-inovasi terbaru sudah dihadirkan untuk memudahkan Anda dalam pemeliharaan unit mesin. Sehingga Anda bisa mengalokasikan lebih banyak waktu untuk perencanaan dan aktualisasi pada bisnis yang Anda jalankan.

Beberapa cara merawat printer di atas sudah bisa dilakukan dengan mudah dengan unit dari EPSON. Sebagai produsen mesin printing yang sudah mendunia, EPSON tentu tak ingin mengecewakan para pelanggan setianya. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai printer digital printing atau sablon dari EPSON, Anda bisa menghubungi product specialist Wujud Unggul di kantor terdekat dengan lokasi Anda. Hubungi kami dan diskusikan kebutuhan Anda bersama tim, sehingga Anda bisa menemukan mesin yang cocok untuk menunjang bisnis Anda.

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda ya, WU Mates!

1 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page