top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Kenali Jenis Bahan Kaos untuk Sablon DTG

Teknik sablon DTG semakin banyak digunakan. Salah satunya pada produksi kaos distro yang digandrungi oleh kaum muda saat ini. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis dengan produk sablon DTG, penting untuk mengetahui bahan kaos yang akan digunakan. Untuk itu, yuk simak ulasan tentang bahan kaos untuk sablon DTG berikut ini.

Sebelum mengulas tentang bahan kaos untuk sablon DTG, mengapa memahami bahan ini menjadi penting? Karena mesin printer DTG dirancang untuk mencetak desain pada media kaos dengan kriteria tertentu, yaitu kaos katun. Untuk itu, jika ingin memberikan hasil cetak terbaik maka Anda perlu mengetahui kaos katun seperti apa yang cocok. Dengan begitu, tak hanya desain menarik yang dimiliki produk Anda, namun juga kualitas bahan kaos yang nyaman digunakan bisa menjadi nilai tambah.

Telah disebutkan di atas bahwa mesin printer DTG akan bekerja maksimal pada bahan katun. Nah, itu berarti bahan kaos untuk sablon DTG sebaiknya memiliki komposisi katun. Mulai dari 100% katun, hingga terdiri dari serat campuran dengan komposisi katun yang lebih banyak. Simak bahan katun apa saja yang bisa Anda pilih untuk produk kaos sablon DTG.

Katun Combed

Kaos dengan bahan katun combed sudah banyak dipilih oleh pengusaha kaos sablon. Hal tersebut tak lepas dari komposisi bahannya yang merupakan 100% katun. Katun combed memiliki tekstur serat benang yang halus, lembut dan rata. Tekstur ini membuat kaos katun combed terasa lembut, nyaman dan menyerap keringat ketika dipakai.

Kaos jenis ini pun memiliki beberapa ragam, yaitu 20s, 24s, dan 30s. Yang membedakan hanya pada ketebalan dari kain kaosnya. Untuk kaos katun combed 20s, ketebalannya sekitar 190 – 200 gsm dan merupakan kaos combed paling tebal. Kemudian 24s memiliki ketebalan 175 – 185 gsm dan termasuk ketebalan sedang. Terakhir, combed 30s ini memiliki ketebalan 140 -150 gsm dan yang paling tipis di antara jenis combed lainnya.

Katun combed 30s banyak dipilih oleh pengusaha kaos sablon. Kain ini juga menjadi salah satu bahan kaos untuk sablon DTG yang banyak digunakan. Selain lebih nyaman digunakan, kaos bahan ini juga harganya terjangkau sehingga biaya produksi tidak terlampau tinggi. Tak hanya itu, katun combed 30s juga memiliki banyak varian warna yang tentu saja lebih menarik pelanggan.

Katun Carded

Bahan katun lain selain cotton combed adalah katun carded. Apa yang membedakannya dengan cotton combed? Katun carded juga memiliki komposisi 100% katun, namun tekstur kain ini berbeda daripada cotton combed. Jika cotton combed memiliki tekstur lembut, halus dan rata, katun carded sedikit lebih kasar. Hal tersebut disebabkan proses produksinya menggunakan mesin carding. Mesin ini mengolah kapas dengan cara digaruk sebelum dipintal menjadi benang.

Tetapi, layaknya bahan katun, cotton carded ini tetap nyaman digunakan dan mampu menyerap keringat. Oleh karena tekstur kainnya, harga bahan ini pun lebih murah dibandingkan cotton combed. Mengingat kandungan cotton pada bahan ini sebesar 100%, maka katun carded juga bisa menjadi pilihan bahan kaos untuk sablon DTG.

Katun Bamboo

Selanjutnya ada katun bamboo. Berbeda dengan dua jenis katun sebelumnya, katun jenis ini merupakan campuran serat katun dan bambu. Komposisinya ialah 70% serat katun dan 30% serat bambu. Tekstur kain ini pun lembut dan biasanya pakaian dari bahan ini nyaman digunakan karena tidak terlalu tebal.

Selain itu, katun bambu juga disebut memiliki keunggulan anti bakteri sehingga aman digunakan oleh orang yang memiliki kulit sensitif. Teksturnya yang lembut dan sifat kainnya yang anti bakteri ini juga membuatnya sering digunakan untuk memproduksi pakaian bayi.

Dengan keunggulannya tersebut, harga kain ini pun tentunya tidak sama seperti kain katun lainnya. Biasanya harga bahan kain katun bambu ini lebih mahal dibandingkan cotton combed atau carded. Hal inilah yang menjadikannya tak banyak dipilih. Ya, karena harganya lebih mahal sehingga pengusaha tidak bisa menekan biaya produksi jika menggunakan bahan ini untuk produk kaosnya.

Itulah ulasan singkat mengenai bahan kaos untuk sablon DTG bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis sablon digital. Apabila ada pertanyaan seputar kaos atau mesin printer DTG, jangan ragu untuk menghubungi kami. Tim product specialist kami siap menjawab pertanyaan Anda.

0 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page