top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Memanfaatkan Facebook untuk Jualan Online

Pemanfaatan media sosial untuk membuka toko online bukan hal yang baru. Kini banyak orang memanfaatkannya untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Terlebih jika target pelanggan mereka adalah generasi muda masa kini yang merupakan pengguna aktif media sosial. Salah satu media sosial yang digunakan ialah Facebook. Dalam artikel kali ini akan diulas tentang cara jualan online di Facebook bagi pemula.

Untuk beberapa daerah, Facebook merupakan media yang bisa membantu usaha Anda diketahui dan dikenal khalayak luas. Jika Anda belum pernah sama sekali memanfaatkan jejaring sosial ini untuk keperluan bisnis, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Apa saja? Simak di ulasan berikut in iya!

Mempersiapkan fanpage

Untuk membuatnya, Anda perlu memiliki akun Facebook pribadi. Setelah fanpage bisnis Anda buat, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melengkapi informasi yang ada di laman tersebut. Beberapa informasi yang perlu Anda lengkapi antara lain

  1. Foto profil yang jelas, bisa menampilkan logo dari bisnis Anda

  2. Banner yang menarik, misalnya promo yang sedang berlangsung

  3. Informasi tentang bisnis Anda, produk apa yang ditawarkan

  4. Kontak yang dapat dihubungi untuk pemesanan dan tanya jawab seputar produk

  5. Lokasi toko Anda berada

  6. Cara pemesanan

Apabila poin-poin di atas sudah terpenuhi, maka fanpage bisnis Anda siap untuk beroperasi. Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah mengundang teman-teman Anda di Facebook untuk menyukai dan mengikuti fanpage bisnis Anda. Dengan begitu, info terbaru dari toko Anda bisa mereka dapatkan.

Mempersiapkan produk

Tahap selanjutnya ialah menyiapkan produk Anda. Perlu diingat, dalam berjualan secara online berarti pelanggan Anda sulit mengetahui kondisi fisik produk yang Anda tawarkan. Untuk itu, menyediakan informasi berupa detail gambar produk serta deskripsi produk yang jelas dapat membantu mereka.

Gambar produk yang jelas bisa membuat pelanggan yakin dengan kualitas produk tersebut. Selain itu, Anda juga perlu memeriksa kualitas produk sebelum menjual dan mengirimkannya kepada pelanggan. Anda tidak ingin mendapatkan komplain, bukan?

Bicara soal kualitas, tak hanya produk berkualitas yang Anda tawarkan. Pelayanan prima juga diperlukan. Misalnya saja respon cepat Ketika ada pertanyaan terkait produk. Pengemasan barang pun perlu diperhatikan. Kemas barang yang dipesan dengan rapi dan aman, sehingga barang tidak rusak Ketika diterima pelanggan.

Hal lai yang perlu Anda perhatikan terkait produk ini adalah pengaturan stoknya. Pastikan data stok dan ketersediaannya jelas. Hal ini menjadi penting karena apabila ada yang membeli namun ternyata persediaannya kosong, maka pelanggan Anda bisa kecewa. Untuk itu, diperlukan pengelolaan stok yang baik.

Selalu lakukan analisa

Analisa paling awal yang perlu dilakukan ialah melihat target pasar Anda. Apakah mereka merupakan pengguna jejaring sosial Facebook? Atau justru merupakan pengguna Instagram? Mengenali target pasar Anda akan membuat usaha bisa berjalan dengan lancer. Karena Anda sudah tahu seperti apa perilaku pelanggan tersebut dan bagaimana menjangkau mereka.

Kemudian, jika sudah mengetahui target pelanggan maka hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah mengamati kompetitor. Perhatikan bagaimana cara mereka berinteraksi dengan pelanggannya di fanpage. Konten seperti apa yang mereka unggah di fanpage tersebut, atau bagaimana cara mereka menawarkan produknya melalui fanpage. Kumpulkan data-data ini dan lakukan analisis, langkah apa yang bisa Anda jalankan untuk bisnis Anda.

Demikian sedikit informasi cara jualan online di Facebook bagi pemula. Semoga dapat membantu Anda untuk memulai berjualan online di jejaring sosial. Apabila ada kebutuhan sablon digital, jangan ragu untuk menghubungi Wujud Unggul. Selamat mencoba, WUMates!

0 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page