top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Permasalahan Mesin Press Sablon Kaos

Mesin press adalah salah satu pelengkap “senjata perang” di dunia sablon digital. Menekuni bisnis di bidang ini, tentunya Anda perlu mengetahui mesin-mesin apa yang dibutuhkan hingga apa saja masalah yang bisa Anda jumpai. Dalam artikel kali ini, Wujud Unggul akan mengulas tentang permasalahan mesin press sablon kaos.

Mengenali mesin press Anda

Sebelum menyentuh pembahasan tentang permasalahan mesinnya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu kondisi mesin press yang Anda miliki. Apakah Anda membeli mesin press second atau baru?

Mengapa hal tersebut dipertanyakan? Karena tentu saja berkaitan dengan kualitas mesinnya. Terlebih jika Anda memilih mesin press second. Anda perlu mengenali kondisinya dengan detail. Misalnya bagaimana performa temperatur mesin hingga keadaan fitur hidroliknya.

Suhu ini berperan penting, mengingat fungsi utama dari mesin press ialah memberikan tekanan panas untuk memindahkan tinta dari kertas transfer ke media yang dikehendaki. Paparan suhu yang kurang tepat dapat mengakibatkan proses perpindahan desain menjadi kurang maksimal.

Oleh karena itu, Anda perlu memastikan kondisi mesin press mampu memberikan performa terbaiknya meski keadaan barangnya merupakan kategori second. Teliti dalam mengamati membuat usaha Anda akan berjalan lancar dari segi proses produksi. Anda tidak ingin produksi terhambat hanya karena masalah teknis, bukan?

Permasalahan mesin press sablon kaos

Setelah mengetahui bagaimana kondisi mesin press yang Anda miliki, sekarang kita ulas bersama mengenai masalah yang muncul. Salah satu masalah yang muncul ialah berkurangnya kemampuan mesin press ini untuk memindahkan desain yang tercetak pada transfer paper ke media.

Misalnya pada sablon kaos dengan teknik sublimasi. Apabila mesin press sablon kaos ini bermasalah pada kemampuannya memindahkan desain, maka Anda bisa menemukan hasil desain tidak terpindai sempurna ke media dan tinta masih banyak menempel di transfer paper.

Hal tersebut tentu menurunkan kualitas produk yang Anda hasilkan. Apa yang menyebabkan hal ini terjadi?

Jika WUMates menemukan permasalahan ini, ada dua penyebabnya. Yang pertama, mesin press sablon kaos yang Anda miliki saat ini bermasalah di temperaturnya. Sehingga mengakibatkan proses pemindahan desain dari transfer paper ke media. Ya, ini berkaitan dengan kondisi kualitas mesinnya. Jika Anda atur pada suhu dan waktu tertentu hasilnya kurang maksimal, Anda bisa coba menambah waktu pressnya. Misalnya saja dengan suhu 200 derajat Celcius dan waktu press selama 50 hingga 60 detik.

Penyebab yang kedua ada pada kualitas transfer paper atau tinta sublimnya. Bagaimana cara menilai kualitas transfer paper? Anda bisa melakukan tes cetak, kemudian menggosokkan jari pada hasil cetak tersebut. Apabila warna gambarnya bergeser, maka kualitasnya bagus. Karena pada dasarnya transfer paper hanya berfungsi untuk menampung tinta hasil cetak untuk kemudian dipindahkan ke media. Jadi tinta tersebut hanya menempel pada kertas, bukan terserap.

Demikian sedikit informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda. Apabila ada pertanyaan lain seputar mesin press atau kebutuhan usaha sablon digital, Anda bisa menghubungi tim kami. Selain tim yang siap melayani pelanggan setia Wujud Unggul, kami juga memiliki forum khusus di mana Anda bisa berdiskusi seputar usaha sablon digital di Telegram. Jika Anda tertarik untuk bergabung di forum tersebut, klik di sini.

0 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page