top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Printer Label dan Thermal, Ketahui Bedanya!

Diperbarui: 25 Nov 2023

Siapa yang tidak ingin memiliki usaha sendiri? Kondisi pandemi saat ini mendorong banyak orang untuk membuka usahanya sendiri. Bidang yang ditekuni pun beragam. Misalnya fashion, makanan dan minuman, stationery, dan lain-lain. Nah, semua produk yang ada di bisnis ini perlu label. Pernah kepo cara cetak label tersebut? Atau adakah printer label?


Coba googling “Printer Label”, dan menemukan ini…

WUMates pernah melakukan ini? Kemudian menemukan printer thermal. Apakah hanya printer jenis ini yang biasa digunakan untuk label? Ternyata tidak lho, WUMates! Ada juga printer yang dirancang khusus untuk kebutuhan pelabelan. Salah satunya ialah printer dari Epson. Lalu, apakah ada perbedaan antara printer thermal dan label?


Nah, inilah perbedaannya!

Ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan untuk mengetahui perbedaannya. Mulai dari cara cetaknya, warna, dimensi fisik, hingga aplikasinya. Dengan begitu, WUMates bisa memperkirakan printer mana yang sesuai kebutuhan bisnismu. Yuk, simak selengkapnya di sini.

  1. Cara cetaknya

Inilah hal pertama yang membedakan. Printer thermal memanfaatkan panas untuk memberikan hasil akhir sesuai desain. Sehingga media kertas yang dibutuhkan pun khusus digunakan untuk printer ini saja. Sedangkan mesin cetak label memanfaatkan tinta pigmen untuk menyajikan hasil sesuai desain. Sama seperti printer pada umumnya yang WUMates ketahui. Dari segi media, printer ini dirancang untuk mengakomodasi media gulungan (roll) dan fanfolds (kertas lembaran yang terlipat).

  1. Perihal warna

Perbedaan selanjutnya ialah warna. Printer thermal mendukung pencetakan warna monochrome. Biasanya berwarna hitam. WUMates bisa cetak desain gambar juga, namun tidak kaya warna. Sedangkan printer label biasanya dibekali 4 macam warna : cyan, magenta, yellow, dan black. Yup, lebih dikenal dengan warna CMYK. Dengan begitu, hasilnya pun lebih berwarna.

  1. Dimensi fisik

Kemudian perbedaan lainnya ada pada dimensinya. Printer thermal banyak yang berukuran kecil. Sehingga mudah diletakkan di mana pun. Tidak membutuhkan area yang luas. Bagaimana dengan mesin cetak label? Ukurannya hanya sedikit lebih besar daripada thermal. Namun bukan berarti WUMates akan kesulitan menempatkannya. Keduanya sama-sama compact nih!

  1. Aplikasi

Nah, ada lagi perbedaannya. Terkait aplikasinya, WUMates. Atau bisa dikatakan, fungsinya untuk kebutuhan yang seperti apa. Jenis thermal akrab disebut printer POS. Bagaimana, WUMates? Mulai ada gambaran? Ya, biasanya banyak digunakan untuk cetak label barcode, struk belanja di kasir, karcis parkir atau tol.

Sedangkan printer label dibuat khusus untuk kebutuhan pelabelan produk. Mulai dari label untuk kemasan makanan beku, minuman dingin, kotak sepatu, hingga kemasan produk farmasi.


Ingin tau lebih lanjut tentang pelabelan?

Jika WUMates memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami. Wujud Unggul menyediakan mesin cetak label Epson yang sudah terkenal akan kualitasnya. Konsultasikan kebutuhan bisnismu terkait pelabelan produk dan tim kami dengan senang hati membantu.

WUMates bisa langsung menghubungi tim kami melalui WhatsApp dengan klik tombol di bawah ini.

120 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page