top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Punya Toko di Marketplace, Perlukah?

Dengan kondisi pandemi yang masih belum usai ini, banyak orang beralih ke ranah online. Salah satu yang banyak dipilih ialah membuka toko di marketplace. Tak jarang pula yang melakukan integrasi beragam platform. Kali ini, coba kita bahas tentang marketplace ya. Mulai dari pengertiannya hingga marketplace Indonesia yang paling populer saat ini.

Marketplace adalah…

Singkatnya, marketplace merupakan perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Perannya ialah sebagai pihak ketiga dalam transaksi online. Di marketplace sudah tersedia sistem pembayaran hingga pengiriman. Memudahkan Anda untuk mengatur toko online Anda di sana.

Bagaimana dengan marketplace di negara kita?

Sejauh ini ada banyak jenis marketplace yang bisa Anda pilih untuk membuka toko online. Mulai dari Shoppe, Tokopedia, Lazada, JD.ID hingga Blibli. Dari riset yang dilakukan oleh iPrice, pada kuartal III 2020 ada 3 besar marketplace yang sering dikunjungi masyarakat. Diantaranya adalah Shopee, Tokopedia dan Bukalapak.

Dari diagram di atas terlihat bahwa lebih dari 50 juta pengguna mengakses Shopee dan Tokopedia. Dua marketplace ini bersaing ketat tahun lalu. Nah, sudah tahu mengenai marketplace Indonesia kan. Kemudian apa saja keuntungan yang Anda dapatkan jika membuka toko online di platform tersebut?

Keuntungan memiliki gerai di online marketplace

  1. Mendapatkan peluang berkembang lebih besar melalui komunitas. Jangan salah, WUMates. Membuka gerai di online marketplace tak hanya perihal pintu pendapatan. Anda juga dapat meraih peluang dalam membangun relasi antar sesama penjual. Biasanya, para pemilik toko di marketplace berkumpul dalam satu forum. Misalnya grup Kampus Shopee di Facebook.

  2. Tak perlu takut kehilangan pelanggan. Banyaknya orang yang berkunjung ke marketplace berarti Anda tak perlu mendatangkan traffic dari nol. Anda hanya perlu fokus di strategi agar orang-orang yang mengunjungi satu marketplace bisa menemukan dan mampir ke toko online Anda. Menurut data dari iPrice, di Shopee saja ada sekitar 96,5 juta pengunjung. Sedangkan Tokopedia memiliki 85 juta pengunjung. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas jual beli online di Indonesia sangat besar.

  3. Telah memiliki fitur dan regulasi yang baik. Marketplace sudah menyediakan sistem mulai dari alur transaksi hingga pembayaran. Selain itu, regulasi-regulasinya juga sudah jelas. Sehingga Anda tak perlu memikirkan susunan alur transaksi hingga pembayarannya. Cukup fokus jualan saja. Sedangkan dari sisi pelanggan, adanya sistem dan regulasi yang baik membuat mereka nyaman serta aman untuk berbelanja.

  4. Tidak memerlukan tambahan modal yang besar. Berbeda dengan membuka toko fisik, Anda tak perlu menghabiskan dana untuk sewa tempat. Memang ada biaya pemotongan, misalnya biaya power merchant namun tidak sebanyak yang harus Anda alokasikan untuk sewa.

  5. Memudahkan Anda memantau perkembangan bisnis. Oleh karena dirancang untuk mendukung kebutuhan bisnis online, maka marketplace Indonesia juga menyajikan fitur insight. Fitur ini dapat menjasi sumber data untuk analisa bisnis Anda. Semua rencana bisnis ke depannya dapat Anda susun berdasarkan data yang disediakan.

Bagaimana untuk usaha seperti sablon digital?

Jika pertanyaan di atas mampir di benak Anda sejak tadi, apa kira-kira jawabannya? Mari kita analisa bersama, WUMates. Coba Anda pikirkan produk-produk apa yang diproduksi. Apakah custom kaos, merchandise, gamis atau hijab printing? Mengapa analisa ini diperlukan? Supaya Anda dapat lebih mudah melakukan jual beli di marketplace.

Dilansir dari Sirclo.com, produk fesyen menjadi kategori yang laris terjual secara online. Sehingga apabila produk yang Anda hasilkan termasuk dalam kategori fesyen, Anda dapat mencoba ranah online di marketplace. Beberapa produk fesyen, seperti pakaian dan hijab Merupakan kebutuhan pokok―terutama untuk wanita―produk-produk fesyen tentu akan selalu ada pelanggannya.

Jadi, bagi Anda yang memproduksi produk-produk fesyen, seperti gamis dan hijab printing atau custom merchandise, Anda dapat membuka toko online di marketplace. Ditambah dengan segmentasi target pelanggan Anda adalah para perempuan, langkah ini dapat menjadi funnel bisnis. Tak hanya itu, marketplace juga menyajikan beragam fasilitas menarik bagi para seller dan pelanggannya.

Sejauh ini, Shopee dan Tokopedia masih memimpin pasar marketplace Indonesia. Voucher gratis biaya pengiriman yang dapat diklaim oleh pelanggan Anda menjadi daya tarik yang sangat mengundang. Bagikan informasi pada pelanggan Anda tentang adanya voucher ini dan mereka akan senang.

Kini juga banyak brand fesyen yang membuka toko online di marketplace. Sebut saja Amima yang menjual gamis serta Tesavara yang menjual produk hijab, termasuk hijab printing.

Penuhi kebutuhan usaha Anda di sini yuk!

Untuk memenuhi permintaan pasar, produksi harus selalu lancar. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki mesin produksi yang mumpuni. Mulai dari kualitas mesin hingga hasilnya. Wujud Unggul sebagai distributor mesin garment dan textile menyediakan pilihan printer Apabila WUMates menekuni bisnis di bidang fesyen dan memerlukan mesin produksi yang mendukung produktivitas, silakan hubungi tim product specialist kami untuk informasi lengkap dan konsultasi.

Kami berlokasi di Surabaya dan memiliki cabang di Malang, Jogja serta Denpasar. Kunjungi atau hubungi kantor Wujud Unggul terdekat di kota Anda untuk info lebih lanjut. Jika Anda jauh dari lokasi kami, follow media sosial Wujud Unggul Official di instagram dan facebook page. Dapatkan juga informasi terbaru seputar dunia digital garment dan textile di sana. Subscribe juga ke YouTube channel kami untuk menonton video-video webinar dan review printer serta consumable.

Demikian info seputar marketplace Indonesia, WUMates. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam pengembangan bisnis di ranah digital ya!

3 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page