top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Strategi Social Media Marketing untuk Usaha Sablon Digital

Di tengah situasi seperti saat ini, beralih ke bisnis online banyak dilakukan. Banyak platform bisnis online yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah media sosial, seperti Instagram. Untuk membantu Anda dalam menjalankan bisnis online ini, berikut strategi social media marketing Instagram yang bisa Anda terapkan.

Buat konten yang berkualitas

Hal pertama strategi social media marketing yang perlu Anda lakukan ialah membuat konten yang berkualitas. Tentu Anda tidak ingin unggahan Instagran bisnis Anda tidak tepat sasaran, bukan? Untuk itu, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Riset yang Anda lakukan bisa melalui dua cara. Yang pertama, Anda bisa mencari akun Instagram yang sejenis dengan bisnis Anda. Lihat jumlah pengikut dari akun tersebut. Kemudian perhatikan bagaimana akun binis tersebut menyajikan konten pada feed Instagramnya.

Apa yang diperhatikan dari hal ini? Anda bisa melihat pola unggahannya. Informasi apa saja yang disampaikan. Misalnya informasi tentang fakta dari produk yang dijual, tips, kuis, maupun giveaway. Cara kedua ialah melakukan riset dengan pencarian hashtag.

Contohnya pada hashtag #sablondigital dengan 116.418 kiriman. Dari hasil pencarian tersebut akan tampil beberapa unggahan terpopuler. Unggahan yang muncul pada pencarian ini merupakan konten yang dianggap Instagram memiliki interaksi tinggi dan berpotensi viral.

Jika sudah ada gambaran konten seperti apa yang menarik bagi target pelanggan Anda, saatnya Anda mulai membuat konten yang serupa.

Mulai bangun kedekatan dengan followers

Layaknya membuka toko fisik, jika tidak ada interaksi dari penjual dan pembeli tentu saja tidak aka nada penjualan. Nah, menjual produk melalui Instagram pun seperti itu. Anda perlu membangun kedekatan dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Caranya bisa dengan menyukai atau memberikan komentar positif di unggahan mereka. Apa tujuan dari membangun kedekatan digital ini? Tujuannya ialah untuk menarik pengguna yang menjadi target pelanggan mengunjungi profil akun bisnis Anda. Singkatnya, upaya ini dilakukan untuk medatangkan traffic ke lapak online Anda.

Kedekatan dan interaksi yang ada ini akan membantu konten yang Anda buat untuk viral dan memiliki engagement tinggi. Jika tingkat engagement unggahan Anda tinggi, maka kesempatan untuk bisnis Anda dikenal oleh banyak pengguna Instagram lain pun semakin besar.

Lakukan dengan konsisten

Apabila kedua stratego social media marketing tersebut sudah Anda lakukan, Langkah selanjutnya ialah konsisten dalam melakukannya. Karena tentu saja tidak ada keberhasilan yang instan, WUMates. Untuk itu, Anda perlu bersabar dan konsisten dalam menjalankan sebuah strategi.

Jika langkah-langkah tersebut bisa Anda lakukan dengan konsisten, maka pertumbuhan followers akun bisnis Anda pun bisa meningkat. Adanya peningkatan followers ini tentunya membawa hal positif pada bisnis Anda. Salah satunya adalah kemudahan Anda menyebarkan informasi seperti promo spesial apa yang sedang berlangsung.

Bagaimana, WUMates? Semoga strategi social media marketing ini bisa membantu Anda yang sedang menjalankan bisnis online ya! Jika ada pertanyaan seputar mesin dan bahan sablon digital, jangan ragu untuk menghubungi kami. Selamat mencoba!

0 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page