top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Yuk, Mengenal Kemasan Produk!

Diperbarui: 14 Des 2022

Dalam hal pemasaran, kemasan merupakan hal penting yang tak boleh terlupa. Oleh karena perannya tersebut, kini para pengusaha seolah berlomba memberikan kemasan terbaik. Sehingga membuka peluang usaha produksi kemasan. Kali ini, kami akan ulas kemasan produk lebih dalam.

Kemasan Produk Itu Apa Sih?

Secara umum, maknanya ialah sebuah wadah atau pembungkus yang berfungsi mencegah dan meminimalisir kerusakan pada produk yang dikemas. Namun, ada beberapa pendapat yang mengaitkan fungsi kemasan ini dengan hal pemasaran produknya.

Untuk lebih lengkapnya, yuk bahas tentang fungsi kemasan lebih detail. Supaya WUMates juga bisa memahami faktor apa yang menyebabkan pengusaha-pengusaha kini pun bersaing dari sisi kemasan tersebut.

Fungsi Kemasan atau Pembungkus

Pada sebuah produk, kemasan atau pembungkus memiliki dua fungsi. Yang pertama ialah fungsi proteksi. Sedangkan yang kedua, fungsi promosi. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Melindungi Produk

Dalam hal ini, kemasan berfungsi untuk melindungi produk dari hal-hal yang dapat merusak kualitasnya. Misal seperti cuaca, suhu, hingga proses pengiriman. Dengan adanya pelindung berupa kemasan, maka pembeli bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang sesuai dari penjual.

Jadi, tak hanya melindungi produk ya. Namun juga menjaga kepuasan pelanggan terhadap sebuah produk. Terlebih adanya penilaian pada sistem pesan antar yang memasukkan poin kemasan, membuat perannya semakin penting. Bahan pertimbangan wajib para penjual nih!

Untuk Pemasaran

Kemasan merupakan hal pertama yang dilihat oleh pelanggan. Untuk itu, estetika kemasan ini kemudian banyak dijadikan media penarik atensi calon pelanggan dari suatu produk. Selain itu, estetika kemasan ini juga menunjang kualitas produk yang dipasarkan.

Ternyata, bukan hanya harus menarik. Tetapi sebuah kemasan juga harus mampu memberikan informasi terkait produknya. Misalnya nama brand, varian produk, produsen, nomor BPOM untuk produk makanan dan minuman, serta tanggal kedaluarsa.

Masih Ragu Menekuni Bisnis Kemasan?

WUMates tak perlu meragu untuk menekuni bidang tersebut. Karena di Indonesia pun, sudah banyak usaha kemasan yang sukses. Salah satunya Maria Magdalena. Mengawali bisnis makanan, ia pun kemudian tertarik mengemasnya dengan unik.

Tak hanya mengemas produk makanan yang dijualnya, Maria kemudian memutuskan memproduksi kemasannya sendiri. Menjadikannya sebuah bisnis baru di tahun 2008. Ia bermitra dengan para pelaku UKM untuk memasarkan produk kemasan tersebut.

Hasilnya, produk dari mitra UKM Maria sukses bersaing di pasar modern. Sejak itu, mulai banyak bisnis yang memesan kemasan padanya. Semakin banyaknya permintaan dari bisnis kemasan itu, Maria kemudian bisa menyisihkan biaya untuk investasi ke tiga mesin. Hal tersebut tentunya dilakukan untuk menunjang produktivitas bisnis kemasan miliknya.

Kini, Maria bersama dengan Departemen Perdagangan dan Peindustrian bekerjasama untuk memberikan solusi bagi para pelaku UKM. Terutama mengenai pengembangan bisnis melalui kemasan produk dan solusi bagi kendala-kendala lain yang dihadapi UKM. Keren kan, WUMates?

Mulai Langkah Awal Bisnismu Sekarang!

Nah, dari kisah Maria Magdalena di atas, kita belajar bahwa sebuah bisnis yang kita jalankan bisa menyokong bisnis lainnya. WUMates juga bisa seperti Maria lho! Terlebih lagi, kini banyak bisnis yang memanfaatkan kemasan unik untuk pengemas produk.

Hal itu bisa WUMates manfaatkan untuk membuka kesempatan bekerjasama dengan bisnis-bisnis lainnya. Tak terbatas pada makanan dan minuman juga. Sambil mempertimbangkan, WUMates bisa riset dahulu bagaimana pangsa pasar bisnis kemasan di sekitarmu.

Jika WUMates ingin berdiskusi seputar bisnis tersebut serta mesin apa yang sebaiknya digunakan, silakan hubungi kami. Tim product specialist kami dengan senang hati akan membantumu melalui insight dan saran mesin yang tepat. Pastinya sesuai dengan kebutuhan bisnismu.


Chat Wujud Unggul untuk Diskusi Bisnis Kemasan

2 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page