top of page
  • Gambar penulisWujud Unggul Official

Mengenal Printer Sublime dan Kelebihannya untuk Bisnismu

WUMates yang sudah berkecimpung di dunia sablon digital pasti mengenal dengan printer sublime, benar? Namun, bagi yang masih baru atau akan terjun pasti masih meraba, kira-kita printer sublimasi ini seperti apa bentuknya atau gunanya untuk apa sih. Nah, mari simak ulasan berikut!

Apa sih Printer Sublime itu?

Printer sublime adalah mesin printer kain yang mencetak gambar di media transfer paper/sublimation paper. Kemudian gambar yang sudah dicetak itu akan ditransfer atau dipindahkan ke kain menggunakan Heat Press (alat pemanas).

Jadi gampangnya seperti ini, transfer paper di sini merupakan media sementara untuk menampung tinta. Pada prosesnya, transfer paper tersebut dipanaskan bersamaan dengan kain menggunakan alat pemanas (heat press). Nantinya tinta tersebut akan menguap (sublimasi) berpindah atau menempel di kain. Biasanya printer sublime banyak digunakan di kain polyester, misalnya untuk jersey. Namun, WUMates bisa juga mengaplikasikannya pada gelas kaca (mug), kayu, dan lain sebagainya. Dengan catatan, media tersebut sudah diberi coating atau lapisan polimer terlebih dahulu.

Bagaimana proses sublimasi berjalan?

Proses sublimasi biasanya menggunakan printer dan tinta khusus sublime. Tinta ini merupakan tinta yang berbasis minyak. Dengan menggunakan printer digital sublime, gambar pada transfer paper tersebut akan diberi tekanan panas dengan suhu sekitar 150-200 derajat Celcius.

Saat proses pengepresan ini, tinta dan bahan transfer akan berubah dari padat menjadi gas. Begitu berada dalam keadaan gas, tinta akan terserap pada serat material. Tinta yang terserap ini akan mengeras dan terkunci secara permanen pada bahan transfer seperti kain, kayu, kaca, atau lainnya.

Apa sih kelebihan menggunakan teknik sublimasi?

Nah, WUMates sudah mengetahui tentang sublimasi. Tentunya perlu tahu kelebihannya untuk bisnis yang ditekuni. Kelebihan ini pastinya akan membantu bisnismu berkembang.

Menghasilkan warna yang tajam

Dengan menggunakan printer sublime, WUMates akan mendapatkan warna-warna yang lebih cerah dan solid. Proses penyerapan warna lebih maksimal. Apalagi jika menggunakan bahan dasar polyester. Hasil  cetak dari printer ini juga menghasilkan gambar yang sesuai dengan aslinya.

Proses pengeringan lebih cepat

Proses menyetak dengan sublimasi ini menghasilkan print atau hasil cetak yang cepat kering karena tinta dapat menyerap ke pori-pori material secara maksimal.

Tidak ada minimum order dan bidang cetak besar

Perlu WUMates tahu jika sublimasi ini masuk dalam digital printing yang mana tidak memiliki minimum order. Berbeda dengan manual yang membutuhkan biaya produksi sesuai order.

Bidang cetak yang digunakan pun tergolong besar sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan all over printing seperti pada full print kaos. Akan tetapu hasil cetak akan tampak lebih bagus jika diaplikasikan pada jenis bahan polyester yang mempunyai sifat tahan panas.

Menghemat biaya produksi

Dengan menggunakan proses cetak sublimasi ini akan menghemat biaya produksi yang WUMates keluarkan. Ini disebabkan karena basis printer yang digunakan yakni dengan mesin printer inject. Jadi, jika kita bandingkan dengan Direct to Fabric yaitu mencetak langsung ke kain yang mana harus menggunakan printer khusus. Tentunya dengan harga yang cukup mahal, maka memilih printer sublime merupakan pilihan yang tepat.

Jika WUMates membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai printer sublime mana sih yang cocok untuk bisnis, langsung saja hubungi tim Wujud Unggul. Pastikan untuk selalu konsultasi terlebih dahulu mulai dari kebutuhan hingga garansi printer yang diinginkan. Tentunya tim kami akan dengan senang hati melayani WUMates.

12 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comentários

Avaliado com 0 de 5 estrelas.
Ainda sem avaliações

Adicione uma avaliação
bottom of page